VISI DAN MISI
Visi
T E R D E P AN
Terampil, Edukatif, Religius, Dedikatif, Excellent, Peduli, Aktif dan Nasionalis
Visi Sekolah :
Menjadi sekolah TERDEPAN dalam membentuk generasi yang Terampil, Edukatif, Religius, dan Dedikatif dengan semangat Excellent, Peduli, Aktif, dan Nasionalis.
Misi
- Mengembangkan keterampilan murid melalui pembelajaran berbasis kompetensi dan praktik langsung yang relevan dengan dunia kerja serta perkembangan teknologi
- Mewujudkan lingkungan belajar yang edukatif dengan menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif, partisipatif, dan berorientasi pada peningkatan mutu akademik dan non-akademik.
- Menanamkan nilai-nilai religius dalam seluruh aktivitas sekolah untuk membentuk karakter murid yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia.
- Menumbuhkan sikap dedikatif di kalangan pendidik, tenaga kependidikan, dan murid melalui pelayanan dan pembelajaran yang berkomitmen tinggi terhadap pencapaian tujuan pendidikan.
- Mendorong budaya excellent (unggul) dalam setiap aspek kehidupan sekolah untuk mencapai prestasi terbaik baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional.
- Meningkatkan kepedulian sosial dan lingkungan dengan melibatkan murid dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan pelestarian lingkungan secara aktif dan berkelanjutan.
- Membentuk pribadi yang aktif dan kreatif melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler yang menumbuhkan jiwa kepemimpinan, inisiatif, dan kolaborasi.
- Menanamkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air melalui penguatan pendidikan karakter, wawasan kebangsaan, dan pelestarian budaya lokal.
Tujuan Sekolah
TUJUAN UMUM
- Menghasilkan minimal 75% lulusan yang terampil dan kompeten sesuai bidang keahlian, terbukti dengan sertifikasi kompetensi atau penempatan kerja dalam waktu 6 bulan setelah kelulusan, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia kerja dan teknologi yang relevan setiap tahun ajaran
- Mewujudkan proses pembelajaran yang edukatif, inovatif, dan partisipatif dengan peningkatan rata-rata nilai akademik sebesar 5% dan peningkatan partisipasi peserta didik dalam proyek inovatif sebesar 5% setiap tahun ajaran, sehingga minimal 75% peserta didik menunjukkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif melalui evaluasi proyek atau portofolio
- Membentuk peserta didik yang religius dengan membiasakan sikap beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia melalui partisipasi aktif minimal 90% peserta didik dalam kegiatan keagamaan sekolah setiap bulan, serta mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari sekolah pada akhir setiap semester.
- Menumbuhkan dedikasi tinggi pada pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pendidikan secara profesional dan penuh komitmen, ditandai dengan peningkatan kepuasan internal terhadap kinerja dan komitmen sebesar 10% setiap tahun dan tingkat kehadiran di atas 90% setiap semester.
- Menciptakan budaya excellent (unggul) di sekolah dengan mengembangkan minimal 3 prestasi akademik dan 5 prestasi non-akademik di tingkat provinsi, 1 di tingkat nasional, dan berpartisipasi di tingkat internasional setiap tahun ajaran.
- Menanamkan sikap peduli sosial dan lingkungan melalui pelaksanaan minimal 3 kegiatan pengabdian masyarakat dan 2 program pelestarian lingkungan yang berkelanjutan setiap semester, dengan melibatkan minimal 70% peserta didik.
- Membentuk peserta didik yang aktif, kreatif, dan berjiwa kepemimpinan melalui penguatan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, terbukti dengan peningkatan partisipasi peserta didik sebesar 15% setiap tahun dan menghasilkan minimal 10 proyek kolaboratif inovatif setiap semester
- Menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air melalui pendidikan karakter, wawasan kebangsaan, dan pelestarian budaya lokal, ditunjukkan dengan peningkatan hasil survei pemahaman wawasan kebangsaan sebesar 10% setiap tahun dan pelaksanaan minimal 2 kegiatan pelestarian budaya lokal setiap semester
TUJUAN CAPAIAN KOMPETENSI KEJURUAN
Mata pelajaran Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura [ATPH] bertujuan membekali murid dengan hard skills dan soft skills untuk :
- Menerapkan persiapan pra tanam, meliputi penyiapan media tanam, penyiapan bibit
- Menerapkan penanaman dan pemeliharaan tanaman, meliputi pengairan, pemupukan, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), perlakuan khusus tanaman
- Menerapkan panen dan penanganan pasca panen.
- Menerapkan pemasaran produk hasil pertanian
- Menerapkan pengelolaan limbah pertanian
- Menerapkan manajemen pekerjaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, presentasi) dan kerja sama tim dan
- Beradaptasi pada konteks atau situasi kerja yang berbeda.
Mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan bertujuan [TKJ] membekali murid dengan hard skills dan soft skills untuk :
- Menerapkan perencanaan topologi, arsitektur jaringan, dan pengalamatan jaringan
- Menerapkan instalasi, perawatan dan perbaikan jaringan kabel dan nirkabel
- Menerapkan sistem keamanan jaringan
- Menerapkan konfigurasi perangkat jaringan; dan menerapkan konfigurasi layanan server
- Menerapkan manajemen pekerjaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, presentasi) dan kerja sama tim
- Beradaptasi pada konteks atau situasi kerja yang berbeda
Mata pelajaran Bisnis Ritel [BR] bertujuan membekali murid dengan hard skills dan soft skills untuk:
- menerapkan konsep marketing
- menerapkan customer service
- menerapkan komunikasi bisnis
- menerapkan pengelolaan bisnis ritel
- menerapkan visual merchandising
- menerapkan pengemasan dan pendistribusian produk
- menerapkan administrasi transaksi
- menerapkan manajemen pekerjaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, presentasi) dan kerja sama tim
- beradaptasi pada konteks atau situasi kerja yang berbeda
Mata pelajaran Rekayasa Perangkat Lunak [RPL] bertujuan untuk membekali murid dengan hard skills dan soft skills untuk:
- menerapkan perancangan basis data dan penggunaan SQL (Structured Query Language)
- menerapkan prinsip pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi objek lanjutan, dasar pemodelan perangkat lunak, dan pemrograman antar muka grafis
- menerapkan konsep pemrograman web statis dan dinamis
- menerapkan penggunaan bahasa pemrograman, IDE (Integrated Development Environment), framework, basis data dan API (Application Programming Interface) pada pengembangan aplikasi perangkat bergerak
- menerapkan manajemen pekerjaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, presentasi) dan kerja sama tim
- beradaptasi pada konteks atau situasi kerja yang berbeda
Mata pelajaran Teknik Kimia Industri [TKI] bertujuan membekali murid dengan hard skills dan soft skills untuk:
- menerapkan asas teknik kimia di bidang kimia industri
- menerapkan operasi teknik kimia di bidang kimia industri
- menerapkan berbagai macam proses industri
- menerapkan kontrol proses di industri kimia
- menerapkan pengolahan limbah di industri kimia
- menerapkan manajemen pekerjaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, presentasi) dan kerja sama tim
- beradaptasi pada konteks atau situasi kerja yang berbeda
Mata pelajaran Teknik Elektronika Industri [TEI] bertujuan membekali murid dengan hard skills dan soft skills untuk:
- menerapkan rangkaian elektronika
- menerapkan sistem kendali elektronik
- menerapkan pemrograman sistem embedded
- menerapkan antarmuka dan komunikasi data
- menerapkan sistem kendali industri
- menerapkan pemeliharaan dan perbaikan peralatan elektronika industri
- menerapkan manajemen pekerjaan (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, presentasi) dan kerja sama tim
- beradaptasi pada konteks atau situasi kerja yang berbeda
Struktur Organisasi Sekolah
KEPALA SEKOLAH

Rohimat Sukarsa
PLT KEPALA SEKOLAH
WAKIL KEPALA SEKOLAH

Dodi Permana H
Waka Kurikulum

Rohimat Sukarsa
Waka KESISWAAN

Sendi Setia P
Waka HUBIN

Asep Saepudin
Waka SARANA
KEPALA PROGRAM KEAHLIAN

Deden Abdurrahman
Kaprog. Agribisnis Tanaman

Cahyadi
Kaprog. Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim

Nandang Hermawan
Kaprog. Bisnis Retail

Kuswanda
Kaprog. teknik elektronika industri

Evi Novianti
Kaprog. Teknik Kimia Industri

Sidik Hanafiah
Kaprog. teknik komputer & jaringan